Rifqi Al Hanif S

Desain dan Pemrograman Web

Implementasi Web dari Bootstrap Ke WordPress

Halo smart human pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama bahas tentang implementasi web dari bootstrap ke wordpress. Mari simak penjelasannya jangan sampai ketinggalan ya.

Upload WordPress ke Hosting

Sebelum kita upload wordpress ke hosting, pertama kita harus terlebih dahulu telah memiliki domain dan hosting. Jika kita telah memilikinya kita lansung saja mulai upload wordpress ke hosting. Berikut langkah langkahnya:

  1. Pastikan sudah melakukan sewa hosting
  2. Backup Database terlebih dahulu

Caranya masuk ke browser lalu ketikkan http://localhost/phpmyadmin/

Maka akan muncul tampilan phpMyAdmin, lalu pilih database

Setelah di klik akan muncul tampilan tabel, pada bagian atas klik Ekspor

  • Setelah itu, isi nama data ekspornya, tekan Kirim. Dan simpan data yang telah di ekspor tadi
  • Backup data  blog atau website yang ada pada file xampp/htdocs lalu buat menjadi format zip
  • Buat nama database di hosting

Caranya, masuk ke menu cpanel, kemudian tekan icon MySQLDatabases

  • Login ke cpanel
  • buat database kita terlebih dahulu seperti gambar di atas isi dengan nama database yang kamu inginkan lalu klik Create Database. Setelah database dibuat selanjutnya kita buar user , scroll kebawah cari form seperti gambar di bawah ini.
  • Kemudian, Buat user untuk username bebas dan password juga lalu klik Create User. Password nya harap diingat, karena berguna lagi nantinya. Selanjutnya kita sambungkan databse degan user yang sudah kita buat tadi. Cari seperti gambar dibawah.
  • Kemudian, Add User To Database, dan tekan tombol Add
  • Isi user dan database sesuai dengan yang telah kita buat tadi, lalu klik tombol Add dan hasilnya akan muncul banyak pilihan centang, kamu cukup mencentang pada ALL PRIVILEGES terletak di bagian atas dan klik tombol Make Changes.
 
  1. Memasukkan Database ke Hosting

Pada cpanel, pilih icon phpMyAdmin

Masuk ke phpMyAdmin, lalu pilih database blog kita dan pilih Import yang berada di bagian atas, setelah kita masuk ke import pilih file database yang sudah kita simpan tadi dan klik tombol kirim/go.

Setelah itu buka tabel option di database kita ,atau wp_options, dan klik edit pada baris siteurl dan home dengan menggantikan http://localhost/wordpress/ Menjadi domain kita yang sudah di hosting, contohnya punya saya “https://www.r3project.xyz” dan klik tombol kirim/go yang berada dibawah. Hasilnya seperti gambar dibawahKemudian Upload File Blog Ke Hosting Caranya masuk ke beranda cPanel , cari yang namanya File Manager dan klik. Kita akan masuk ke tampilan file manager blog kita ,pilih public_html yang berada disebelah kiri setelah itu Upload File ZIP yang kita buat di awal tadi dan pastikan di upload dalam folder public_html. Dan di Extract Seperti gambar dibawah

Tampilan export ke hosting. Tampilan export ke hosting Kemudian, Setting Konfigurasi WordPress Caranya cari file wp-config.php dan klik kanan pada file tersebut lalu edit. Seperti gambar dibawah

Setelah itu kita akan masuk ke menu shortcuts cari kode berikut dan ubah sesuai dengan data yang kita buat database tadi dan jangan lupa klik tombol Save Changes.

Dan SELESAI, sekarang login ke blog wordpress mu dengan cara “namadomainmu/wp-admin/” ganti namadomainmu sesuai dengan nama domain yang telah kamu gunakan.

Memakai Https

Cara Install Let’s Encrypt (https)

  1. Login ke cPanel Hosting , login dengan menggunakan detail login cPanel yang berada pada email kita dengan subjek “Informasi Account Hosting” lalu Setelah menambahkan kode di file .htaccess sekarang saatnya memulai tahap instalasi Let’s Encrypt. Pada kolom pencarian, ketikkan let’s encrypt maka akan muncul menu Let’s Encrypt SSL

  • Klik pada menu Let’s Encrypt kemudian anda akan diarahkan ke halaman Let’s Encrypt SSL. Di sini klik Run AutoSSL

AutoSSL akan diaktifkan oleh sistem secara otomatis dan terdapat notifikasi AutoSSL in progress. Silahkan kita tunggu sebentar sampai terdapar tulisan AutoSSL Domain Validated Lengkap dengan gambar gembok berwarna hijau, seperti gambar di atas itu tandanya website kamu sudah terinstall SSL secara otomatis.Sekarang cek website kita dengan mengetikan https://namadomain.com pada browser kita, isi sesuai nama domain website yang kita miliki. Domain yang telah terinstall sertifikat SSL akan berubah dari HTTP ke HTTPS.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *